25.9 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

Buy now

Persiapan Diri Menyambut Bulan Ramadhan 1445 H

KARAWANG | KUTATANDINGAN.COM |Persiapan diri menyambut bulan Ramadhan adalah hal yang dianjurkan bagi seluruh umat muslim di dunia. Allah SWT pun telah mengkhususkan bulan Ramadhan sebagai bulan dengan keutamaan yang istimewa sehingga menjadi salah satu sarana untuk mencapai tingkat kesempurnaan di hadapan Allah SWT.

Persiapan diri yang baik secara fisik maupun mental dalam menyambut puasa Ramadhan sangatlah penting. Secara mental, kita harus mampu dalam mempersiapkan diri dengan hati yang bersih (tulus dan ikhlas) dalam mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sementara itu, fisik dinilai penting untuk menjaga metabolisme tubuh dalam mempersiapkan puasa Ramadhan.

Persiapan Diri Menyambut Bulan Ramadhan

Adanya persiapan diri menyambut bulan Ramadhan dianggap penting karena bulannya disebut sebagai bulan yang penuh dengan ampunan dan keberkahan nilai pahala. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Saw mengenai keutamaan bulan suci Ramadhan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yangnilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebajikan di malam itu, maka ia tidak memperoleh kebajikan apapun.” (Hadits Shahih, Riwayat al-Nasa`i: 2079 dan Ahmad: 8631. dengan redaksi hadits dari al-Nasa’i).

Itulah mengapa masih banyak manusia yang berpuasa, tapi tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya selain lapar dan haus. Dikutip dari kalsel.kemenag.go.id, ada beberapa persiapan diri menyambut bulan Ramadhan yang bisa menjadi ampunan segala dosa-dosa dan diterimanya amalan selama berpuasa Ramadhan nantinya.

1. Mengakhiri segala bentuk permusuhan dengan sesama manusia.

2. Mewaspadai segala makanan yang masuk ke tubuh.

3. Membiasakan diri untuk berpuasa sunnah senin dan kamis.

4. Melatih diri untuk melaksanakan sholat malam (tahajud) 11 rakaat atau 23 rakaat.

5. Menjadikan sedekah sebagai kebiasaan sehari-hari.

6. Menjaga lisan dari segala hal buruk seperti hinaan, fitnah, atau ghibah.

7. Menormalkan kebiasaan membaca Al-Qur’an setiap harinya.

8. Menjaga hubungan antar teman, kerabat, tetangga, maupun saudara.

9. Menundukkan pandangan terhadap suatu hal yang haram atau menahan hawa nafsu.

Itulah sejumlah persiapan diri menyambut Ramadhan yang bisa dijalankan kita selaku muslim atau muslimah. Semoga dengan menjadi golongan atau bagian dari orang-orang yang beruntung dan bertaqwa dapat meraih ampunan dan ridho Allah Swt sebanyak-banyaknya. Aamiin Ya Rabb. (Sumber : Baznas.go.id)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles