25.9 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

Buy now

Dukung Usaha Peternakan, PLN Beri Kemudahan melalui Program Electrifying Agriculture

KARAWANG – JENDELAKITA – PLN berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui Program Electrifying Agriculture (EA). Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah dan terjangkau bagi pelaku usaha di sektor agrikultur.

Electrifying Agriculture merupakan terobosan yang dihadirkan oleh PLN untuk mendorong pelaku usaha di bidang agrikulture seperti pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan yang memanfaatkan alat-alat dan mesin dengan berbasis listrik agar lebih efisien sehingga produktivitas perusahaan bisa meningkat dan biaya operasional bisa ditekan.

PT. Berkah Utama Satwa yang berada di Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang dengan luas lahan kurang lebih 2 hektar merupakan salah satu industri pembibitan unggas (ayam bibit) dimana ayam yang dipelihara akan menghasilkan ayam yang mempunyai kualitas yang unggul.

Untuk menghasilkan kualitas ayam pedaging yang unggul, perusahaan membutuhkan Blower conefan agar suhu kandang tetap stabil dan tidak mempengaruhi kesehatan Ayam Pedaging yang dihasilkan.

Oleh karena itu untuk mendukung perkembangan usaha pada sektor Agriculture tersebut, PLN UP3 Karawang khususnya PLN ULP Kosambi melakukan upaya percepatan penyambungan Penambahan Daya dari
B1-4.400 VA menjadi B2-53.000 kVA.

Imam Ahmadi, selaku Manager PLN UP3 Karawang menyampaikan bahwa PLN siap mendukung potensi pengembangan peternakan unggas tersebut dengan salah satu program unggulan PLN yaitu “Electrifying Agriculture” dan berhasil merealisasikan penambahan daya tersebut.

“Dengan adanya penambahan daya ini, ada potensi peningkatan penjualan energi listrik di PLN ULP Kosambi sekitar 14.246 kWh/bulan atau setara dengan 269 jam nyala,” kata Imam.

Dedi sebagai Supervisor Produksi di PT Berkah Utama Satwa menyampaikan apresiasi kepada PLN UP3 Karawang khususnya PLN ULP Kosambi.

“Terima kasih PLN yang telah mendukung usaha peternakan ayam pedaging milik kami. Dengan dukungan listrik PLN, semoga usaha peternakan ayam kami akan semakin berkembang di masa depan dan semakin banyak pengusaha ternak di Kabupaten Karawang yang akan mengikuti jejak PT. Berkah Utama Satwa yang telah merasakan keuntungan program Electrifying Agriculture,” ujar Dedi.

Di tempat yang berbeda Susiana Mutia selaku General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Jawa Barat menyampaikan program ini diinisiasi khusus untuk membantu pelaku usaha sektor Agrikultur dalam meningkatkan produktivitasnya. “Program Electrifying Agriculture merupakan salah satu inovasi PLN dalam memanfaatkan energi listrik di bidang Agrikultur. Program EA ini terbukti mampu meningkatkan produksi para petani, peternak dan petambak,” tuturnya. (Rls)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles