25.6 C
New York
Monday, June 24, 2024

Buy now

PLN PEDULI bersama Yayasan Barisan Muda Berbudaya (BERMUDA), Adakan Pelatihan UMKM di Kabupaten Karawang

KARAWANG | KUTATANDINGAN.COM | PLN terus memberikan manfaat bagi masyarakat melalui pemberian bantuan Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL)/ Corporate Social Responsibility (CSR) yang kali ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sektor UMKM. Dalam mendukung inisiatif pengembangan UMKM, PLN memberikan bantuan kepada Yayasan Barisan Muda Berbudaya (BERMUDA) melalui “Pelatihan dan Pembinaan untuk Meningkatkan Kapasitas UMKM di Era modern ini”.

Bertempat di Aula Lebak Sari Karawang, kegiatan Pelatihan UMKM dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 21-23 Februari 2024 dan diikuti kurang lebih 500 orang yang tergabung dalam UMKM yang tersebar di Kabupaten Karawang. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan peserta antara lain dalam bidang pembuatan kue, pelatihan barista kopi, merangkai buket bunga dan hantaran seserahan.

Sebelum kegiatan pelatihan UMKM dimulai, dilakukan seremonial secara simbolis penyerahan bantuan TJSL/CSR kepada Yayasan BERMUDA yang diwakili oleh Assistant Manager Keuangan dan Umum PLN UP3 Karawang, Agung Wicaksono dan diterima secara langsung oleh Ketua Yayasan Barisan Muda Berbudaya (BERMUDA), Yanuarius Terunaman Titir Loloby.

Yayasan Barisan Muda Berbudaya (BERMUDA) adalah lembaga non-profit yang telah lama berdedikasi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pelaku UMKM di berbagai bidang. Dengan fokus pada pelatihan dan pengembangan, Yayasan BERMUDA telah berhasil memajukan banyak usaha kecil dan menengah di wilayahnya.

Yanuarius Terunaman Titir Loloby selaku Ketua Yayasan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian PLN kepada UMKM di wilayah Kabupaten Karawang. “Dengan adanya dukungan dari PLN, kami Yayasan BERMUDA sangat bersemangat untuk melanjutkan misi kami dalam meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM lokal. Bantuan ini sangat membantu kami dalam mengadakan lebih banyak pelatihan, menyediakan sumber daya yang lebih baik dan secara keseluruhan, memberikan dampak yang lebih besar bagi para pelaku UMKM yang kami layani”, ujar Yanuarius.

Bantuan ini juga merupakan bagian dari upaya bersama PLN untuk mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi, dengan memberikan akses dan dukungan kepada mereka yang paling membutuhkan untuk memperkuat bisnis mereka dan menciptakan lapangan kerja.

Pada kesempatan terpisah Manager PLN UP3 Karawang, Imam Ahmadi menjelaskan bahwa, PLN berharap bantuan ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi UMKM yang berpartisipasi dalam mengikuti program pelatihan yang diprakarsai oleh Yayasan BERMUDA, serta memberikan kontribusi positif dalam pembangunan ekonomi lokal.

“Kami berharap semoga bantuan yang diberikan PLN melalui PLN Peduli kepada Yayasan BERMUDA dapat dikelola dengan sebaik baiknya sehingga bermanfaat bagi UMKM dalam menjalankan usahanya guna meningkatkan pendapatan mereka. Selain itu, pelatihan yang diikuti dapat memberikan dukungan, pemahaman serta keterampilan kepada pemilik dan pelaku UMKM agar mereka dapat mengoptimalkan potensi bisnisnya dalam menghadapi dinamika pasar yang berkembang pesat di era modern ini’, ujar Imam.

Sementara itu General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia menyampaikan bahwa selain melayani masyarakat lewat penyediaan tenaga listrik, PLN juga berkomitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui program TJSL/CSR, salah satunya adalah pemberdayaan UMKM. PLN merupakan salah satu BUMN yang ikut andil dalam menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM. (RLS)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles